Uncategorized

Pulau Panjang, Kabupaten Jepara

Pulau Panjang adalah sebuah pulau yang terletak di Jepara, Jawa Tengah. Pulau seluas 19 ha ini berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara.  Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon Kapuk randu, Asam jawa, Dadap, serta Pinus.

Pulau Panjang memiliki potensi menjadi go green resort, yaitu dengan membangun resor tanpa merusak ekosistem. Karena di Pulau Panjang ada Makam Syeh Abu Bakar, jadi kalau ada resort, villa atau penginapan lain ada di sini maka peziarah bisa pergi ke Pulau Panjang kapan saja siang atau malam karena ada fasilitas yang memadai. pulau kecil di bagian barat Pantai Jepara ini masih terjaga keasriannya.

Pulau Panjang dan Pantai Kartini cukup dekat. Sekitar 2,5 km. Hanya membutuhkan waktu 5-20 menit jika Anda mengendarai perahu yang tersedia di Pulau Panjang. Biaya juga termasuk murah. Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, kita harus pergi ke Pelabuhan Kartini.

Di sini ada dermaga kapal untuk sampai ke Pulau Panjang. Kita bisa menyewa perahu kecil dengan kapasitas 10-15 orang dengan tarif sewa Rp 15.000-20.000 / orang tergantung apakah turis ramai atau tidak. Ketika Anda tiba di Pulau Panjang, Anda langsung disajikan dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Pulau Panjang memiliki luas sekitar 19 ha. Lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menjelajah di malam hari. di Pagi hari, udara segar dan pemandangan akan memanjakan Anda. Bermain dengan pasir putih dan ombak ramah di sisi timur. Asyiknya, Pulau Panjang dikelilingi oleh laut dangkal. Sehingga pengunjung dapat dengan aman menikmati laut yang jauh dari bibir pantai.

Dasar lautnya dipenuhi terumbu karang yang indah, lautnya yang jernih juga bisa dikatakan tenang dan tidak mengalir. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia bawah laut dan ingin menikmatinya dengan snorkeling atau diving, karena keindahan bawah lautnya.

Selain pasir putih, di Pulau Panjang juga ada hutan tropis yang lebat. Di pantai utara ke barat ada berbagai karang liar. Pulau Panjang dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Peralatan snokeling harus dibawa sendiri jika Anda ingin menikmati pemandangan terumbu karang yang indah di Pulau Panjang.

Pulau Panjangjuga merupakan tempat ziarah Syeh Abu Bakar. Sudah ada tempat ziarah dan masjid dan fasilitas seperti toilet yang memadai di pusat pulau. Banyak orang yang datang berziarah di sini. Pada bulan-bulan tertentu, transportasi ke Pulau Panjang tersedia gratis untuk peziarah. Namun, untuk wisatawan umum dipatok seharga Rp. 11.000, – termasuk murah untuk menikmati keindahan Pulau Panjang. Bermain seharian di sana dan pulang membawa kenangan indah.

Transportasi
Untuk sampai ke tempat ini, Anda dapat berangkat dari Solo menggunakan kendaraan pribadi melalui rute Solo – Purwodadi – Demak / Pati – Jepara. Dari Kota Solo ke Pelabuhan Kartini, dibutuhkan sekitar 5 jam 45 menit. Pada rute ini Anda juga dapat menemukan beberapa atraksi menarik lainnya seperti Sangiran, Bledug Kuwum dan lain-lain. Ada juga satu objek wisata unik di sekitar jalur ini, yaitu Gunung Kemukus.

Selain berbagai keindahan di daerah pesisir ini, penduduk lokal juga memproduksi berbagai jenis kerajinan yang terbuat dari produk laut mentah. Di sepanjang kawasan pantai ini banyak penjual suvenir indah yang diatur dan dijajakan ke pengunjung ke kawasan Pantai Kartini. Berbagai souvenir tersedia, misalnya boneka yang terbuat dari karang, hiasan kulit kerang, lampu hias, gantungan kunci, figura dan banyak lainnya.