BudayaWisata

Desa Senggarang: Desa Wisata di Pulau Bintan

 

Senggarang adalah nama sebuah desa kecil di pulau Bintan, Indonesia, Didesa ini terdapat kuil tertua di wilayah Kepri. Penduduk setempat percaya Senggarang adalah rumah pertama bagi imigran Cina sejak lama, yang kemudian menyebar ke seluruh pulau Kepri lainnya. Wisata laut Lagoi yang membentang di pantai utara Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau dibangun dari hasil kerjasama di bidang ekonomi Indonesia dan Singapura. para pebisnis industri pariwisata di Pulau Bintan dan sekitarnya sepakat untuk menggunakan rupiah sebagai alat tukar, di samping dolar Singapura dan dolar Amerika Serikat, selama mereka masih berada di Republik Indonesia, rupiah akan selalu berlaku.

Kawasan wisata Pantai Seggara  ini banyak memiliki kawasan wisata yag indah, yang dilengkapi dengan panorama alam yang menakjubkan. Ketika para wisatawan keluar dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, mereka langsung dapat menikmati ke kawasan tepi laut Tanjungpinang ini. Di sana terdapat taman yang cukup asri. Asik banget deh duduk-duduk di taman tersebut sambil menikmati suasana di tepi laut. Di kawasan tepi laut ini juga ada taman bermain untuk anak-anak. Ada beberapa taman bermain yang dilengkapi dengan perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dsb. Jadi bagi wisatawan yang membawa anak-anak, bisa menghabiskan waktu di taman ini

Selain itu, disekitar kawasan wisata ini, terdapat sebuah kolam renang raksasa, yag dinamakan kolam renang Treasure Bay yang terletak di sekitar Senggara, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau disebut-sebut sebagai kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 6,3 hektar, membuat kolam ini lebih menyerupai pantai buatan. Ketika pertama kali melhat kawasan ini, kolam ini terlihat seperti laguna. Airnya adalah air asin seperti air laut dan warnanya biru seperti air tawar. Pengunjung, menurut Kathy, dapat menikmati waktu bermain di kolam renang dengan berenang. Mereka juga dapat mencoba olahraga air. Sebab, ada berbagai kendaraan yang disediakan oleh pengelola. Hal yang menarik adalah, pada bagian ujung kolam ini miring ke bawah ke tanah seperti pantai. Hanya saja tidak menggunakan pasir tetapi terbuat dari serat putih sehingga pada pandangan pertama akan terlihat seperti pasir pantai. Meski begitu, pasir aslinya tetap ada. Namun, itu ditempatkan di tepi luar kolam yang tidak tersentuh oleh air. Selain berenang, di Treasure Bay pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas olahraga air untuk disewakan seperti Cable Ski dan Speed Boat. Mengenai keamanan, tidak perlu khawatir, karena wahana air terbesar di ASEAN memiliki petugas penyelamat seperti penjaga pantai dalam film.