Kesehatan

Bayi Lahir Prematur Akibat Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Infeksi Saluran Kemih, atau ISK pada ibu hamil, tak bisa disepelekan. Nyatanya, kondisi infeksi tersebut bisa memicu bahaya pada janin, salah satunya, memicu kelahiran bayi prematur.

Akibat infeksi saluran kemih memicu kelahiran bayi prematur.

Wanita mempunyai risiko ISK lebih tinggi, saat berada di kondisi hamil. Biasanya, banyak yang belum memahami gejala-gejala ISK yang terjadi.

“Gejala ISK mencakup rasa nyeri saat berkemih, nyeri perut area bawah, ada rasa anyang-anyangan serta pada kasus berat, bisa sakit pinggang sampai demam,” ungkap Dokter Spesialis Kandungan, dr John Arianto Sondakh SpOG MKes.

Bahaya pada ibu hamil yang alami ISK, lanjut John, bisa berakibat pada kondisi kehamilan dan janin. Disebutkan John, bahayanya mencakup meningkatnya resiko ketuban pecah dini serta persalinan prematur.

Jika itu terjadi, bayi bisa alami gangguan nafas lantaran kekurangan oksigen. Menangani itu jadinya lebih sulit,” ujarnya.

Untuk itu, dia menegaskan, untuk melakukan langkah pencegahan terhadap ISK, khususnya pada ibu hamil. Menurutnya, menghindari sejumlah hal, bisa memberikan pencegahan lebih baik.

“Resiko ISK pada ibu hamil tersebut, lantaran sering menahan pipis. Sebab pada dasarnya, kantung kandung kemih yang membuat buang air kecil lebih sering ditekan oleh ibu hamil itu rahimnya. Jadi, jika sering ditahan, membuat kumannya naik ke atas.”