Travel

Keindahan Puncak Gunung Api Kelud

Untuk para traveler yang hobi menjelajah wisata alam pegunungan, mungkin sudah tidak asing dengan wisata alam Gunung Kelud Kediri yang terletak di Jawa Timur.

Gunung Kelud, yang mempunyai tinggi 1731 meter ini, menjadi salah satu gunung berapi berstatus aktif. Selama abad 20-an ini, tercatat gunung ini sudah meletus sebanyak 20 kali dan letusan terakhirnya pada 2014.

Meskipun beberapa objek wisata tertutup dampak letusan gunung berapi, itu bukan alasan untuk tak mendatangi gunung dengan pemandangan yang spektakuler indah.

Harga tiket wisata Gunung Kelud pun cukup murah, yakni Rp5 ribu pada hari kerja, dan Rp10 ribu pada hari libur. Tetapi kalau Kamu mau merasakan sensasi berbeda menuju Gunung Kelud, Kamu bisa menggunakan jeep adventure dengan harga mulai dari Rp275 untuk 4 orang.

Sesampainya di puncak, Kamu bakal disambut dengan keindahan kawah Gunung Kelud yang dikelilingi oleh 3 puncak gunung, yaitu puncak Gajah Mungkur, puncak Kelud, dan puncak Sumbing yang menambah keindahan kawah Gunung Kelud, yang berwarna kehijauan tersebut.

“Kalau ditarik menggunakan garis imajiner antara 3 puncak inilah ketinggian Gunung Kelud yang sebenarnya. Dalam manuskrip Pararaton, dipercaya dapat melihat pantai selatan dari puncak Gunung Kelud sebenarnya,” ucap arkeolog, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kediri, Eko Priatno beberapa saat lalu.

Eko juga menyebut, saat ini Gunung Kelud masih berstatus aktif. para pengunjung yang datang sebaiknya tetap menjaga jarak dari kawah gunung, karena kawah gunung masih bersifat panas.

Meskipun begitu ada banyak hal yang dapat dilakukan di Gunung Kelud ini. Selain memandangi alam yang sungguh indah, pengunjung yang datang juga bisa berburu matahari terbit dari puncak Gunung Kelud, sampai berswa foto dengan latar belakang kawah yang hijau. Jika Anda tidak membawa kamera, jangan khawatir sebab di sini terdapat jasa foto langsung jadi dengan harga Rp10 ribu saja.