Kesehatan

Benarkah Sering Pakai Obat Kumur Picu Diabetes?

Obat kumur mungkin mampu membuat napas menjadi lebih segar. Tapi, riset terbaru menemukan, pemakaian obat kumur setiap harinya, bisa memicu diabetes.

Riset terbaru menemukan, pemakaian obat kumur setiap harinya, bisa memicu diabetes.

Sebuah survei terhadap 1.206 individu yang bertubuh gemuk tetapi non-diabetic dengan rentang usia 40 hingga 65 tahun. Terdapat 43 persen partisipan menggunakan obat kumur sekali sehari dan 22 persen menggunakan obat kumur dua kali sehari.

Tetapi, hasilnya cukup mengejutkan. Partisipan yang menggunakan obat kumur 2 kali atau lebih per hari, berisiko lebih tinggi alami pre diabetes atau bakal terkena diabetes dalam waktu 3 tahun ke depan. Karena, obat kumur yang digunakan setiap hari, berakibat pada keseimbangan kuman di mulut sebagai pereduksi nitrate.

General and Cosmetic Dentist, Greg Gelfand berkata, “Nitric oxide di dalam tubuh berperan pada fungsi insulin di tubuh. Obat kumur membuat keseimbangan bakteri terganggu, khususnya bakteri baik yang bisa menjadi pereduksi nitrat.”

Jadi, kalau seseorang menggunakan obat kumur setiap hari, tubuhnya akan lebih sering alami peradangan dan memicu masalah pada insulin. Banyak yang akhirnyal memicu diabetes jika insulin semakin terganggu.

Greg mengatakan, obat kumur sebaiknya cuma digunakan 2 kali per minggu di pagi hari. Selain itu, pastikan anda tetap mengonsumsi makanan penghasil nitrit seperti stroberi, rasberi, serta bayam dan selada.