Internasional

Malaysia, TKI Tewas Disiksa Majikan

Kepolisian Malaysia masih memburu satu tersangka yang diduga ikut andil dalam penyiksaan berujung maut, terhadap pembantu rumah tangga asal Indonesia,  Adelina.

Adelina, TKI berusia 21 tahun asal Nusa Tenggara Timur yang tewas disiksa majikan.

Saat ini, 2 orang majikan sudah ditahan untuk dilakukan pemeriksaan. “Dua orang majikan kakak beradik telah ditahan untuk investigasi. Dari pemeriksaan awal kemungkinan yang dianggap tersangka itu ibu dari majikannya,” ujar Direktur Perlindungani WNI, Lalu Muhammad Iqbal.

TKI berusia 21 tahun asal Nusa Tenggara Timur itu sebelumnya pernah bekerja secara resmi di Penang. Tapi pada September lalu dia balik ke Indonesia, kemudian berangkat lagi ke Malaysia pada Desember lewat jalur non-prosedural.

“Jadi ia telah pindah 2 majikan, ini yang terakhir. Tim perlindungani WNI sudah diberikan kesempatan untuk melihat jenazah dan sudah bertemu dokter forensik,” ujar Iqbal.

Berdasarkan hasil keterangan dokter forensik, sejauh yang diketahui korban mempunyai beberapa luka. Tetapi penyebab luka masih ditelusuri, kemungkinan korban meninggal dunia juga lantaran malnutrisi selama satu bulan terakhir.

Sementara itu Konsul Jenderal RI di Penang Iwanshah Wibisono, juga sudah meminta perhatian khusus kepada polisi di Malaysia untuk memaksimalkan proses pemeriksaani. Saat ini, kecaman atas kejadian itu telah diserukan dari pejabat Malaysia sampai beragam organisasi kemanusiaan.