Olahraga

Kegagalan Viloria Rebut Gelar Dunia Kelima

Brian Viloria gagal untuk mewujudkan ambisinya merebut gelar juara dunia tinju untuk kali kelima dalam kariernya, setelah menderita kekalahan saat menghadapi petinju Ukraina, Artem Dalakian.

Dalam laga memperebutkan mahkota kelas terbang WBA yang lowong di The Forum, Inglewood, Amerika Serikat tersebut, Hawaiian Punch mengalami kekalahan angka mutlak.

Tiga hakim pertandingan, seluruhnya memberikan skor 118-109 untuk keunggulan Dalakian. Gelar kelas terbang WBA yang lowong pun akhirnya melingkar ke pinggang Dalakian, sesudah pemilik sebelumnya, Kazuto Ioka dari Jepang memutuskan gantung sarung tinju.

Sebelum pertarungan, Viloria sempat menyatakan bahwa secara personal, ini sudah mencapai sesuatu yang sudah disiapkannya untuk dirinya sendiri dan melampaui saat dirinya mengawali karir.

“Saya tidak tahu bahwa saya akan memenangkan gelar juara dunia, apalagi memenangkan 4 gelar juara dunia dan meraih posisi kelima saya,” tambahnya.

Kini, petinju berusia 37 tahun itu membukukan rekor 38 kemenangan (23KO) dan 6 kekalahan. Di sudut lain, Dalakian masih belum terkalahkan. Petinju 30 tahun itu memiliki catatan 16 kemenangan, 11 di antaranya dengan KO/TKO.