Internasional

Surat Mahatma Gandhi Terjual 50.000 Dollar

Sebuah surat yang ditulis oleh Mahatma Gandhi terjual seharga $ 50.000 atau sekitar Rp688 juta. Surat yang ditandatangani oleh Gandhi bertanggal 6 April 1926 dan ditujukan pada Milton Newberry Frantz, seorang tokoh agama Kristen di AS pada saat itu.

Surat tersebut telah dimiliki secara pribadi selama beberapa dekade dan dijual oleh Raab Collection yang berpusat di Pennsylvania sejak Kamis (1/3/2018).

1. Mahatma Gandhi dikenal sebagai aktivis dan tokoh anti-kekerasan terhadap kemerdekaan India
Dikutip dari BBC, CNN dan The Hindu, surat tersebut ditulis Gandhi dari kediamannya di asrham Sabarmati, negara bagian barat Gujarat dan merupakan sebuah surat balasan. Dari surat itu diketahui Gandhi sebelumnya telah diminta membaca publikasi tentang agama Kristen.

Kondisi surat itu sekarang sudah pudar. Tulisannya cukup samar tapi masih bisa dibaca perlahan. Dalam surat tersebut, Gandhi mengungkapkan rasa hormat dan toleransi terhadap semua kepercayaan. Gandhi juga memuji Yesus Kristus yang merupakan tokoh sentral orang Kristen.

Berdasarkan Raab Colection, surat ini adalah satu-satunya surat Mahatma Gandhi yang menyebutkan tentang Yesus Kristus.

2. Surat ini ditulis pada tahun 1926 dan ditujukan kepada pemimpin agama Kristen di Amerika Serikat
Raab Collection sendiri mendapat surat ini dari seorang pria di Amerika Selatan yang memiliki dokumen sejarah. Presiden Raab Collection, Nathan Raab mengatakan bahwa surat Mahatma Gandhi ini  sangat emosional dan kuat.

Untuk menegaskan keaslian dokumen ini . Para ahli memeriksa kertas yang digunakan, tinta, tipografi dan tempat Gandhi pada saat surat itu ditulis. Mahatma Gandhi diyakini memiliki tinta khusus untuk menulis surat.

Ketika surat itu ditulis, Mahatma Gandhi adalah pemimpin Kongres Nasional India, sebuah partai politik yang mendorong India untuk memisahkan diri dari Kerajaan Inggris.

Gerakan tanpa kekerasan berhasil, dua dekade kemudian Inggris memberi India kemerdekaan pada tahun 1947.

3. Dalam surat tersebut, Gandhi mengungkapkan rasa hormat dan toleransi terhadap semua kepercayaan.
Nathan Raab mengatakan, yang membuat surat ini kuat dan sangat emosional adalah penghormatan yang ditunjukkan oleh Mahatma Gandhi terhadap agama-agama lain. Pesan toleransi untuk menghormati agama lain begitu jelas pada surat tersebut.