Wisata

Museum Angkut, Kota Malang

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Kawasan ini terletak di sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini memiliki kawasan seluas 3,8 hektar, yang berada di lereng Gunung Panderman.Di dalam museum ini menyimpan sekitar  lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Jenis tranportasi yang dipamerkan dalam museum, tidak hanya merupakan sarana transportasi yang ada di Indonesia, tetapi juga memamerkan transportasi dari negara-negara lain. Pada museum ini dibagi atas beberapa area. Museum ini dibangun pada tahun 1994

Kawasan pertama yang akan dinilmati adala ruangan utama, yang dapat ditemui begitu para wisatawan memasuki pintu masuk utama. Para wisatawan harus melewati beberapa pintu.. Kawasan ini merupakan sebuah aula besar, yang memiliki bentuk memanjang. Di ruangan ini akan ada berbagai macam koleksi sarana transportasi dari masa ke masa, dan juga memamerkan dari mobil hingga sepeda dari berbagai negara. Semua transportasi yang dipajang di kawasan museum ini, bukanlah sebuah miniature. Semua mobil yang dipamerkan, merupakan mobil asli yang sangat digemari di zamannya. Tidak jarang, dari transportasi yang pamerkan, terutama mobil, pernah digunakan oleh para pejabat di Indonesia.

Jenis transportasi yang menarik perhatian adalah pesawat Air Force One, Indonesia. Pesawat ini yang digunakan pertama kali oleh Presiden Republik Indonesia. Para wisatawan juga disajikan pengalaman menaiki pesawat kenegaraan ini. Seperti akan menaiki sebuah pesawat, para wisatawan juga akan melewati sebuah mesin deteksi metal. Kemudian, para wisatawan akan meraakan dikawal olehe pasukan pengawal Presiden, layaknya pejabat atau tamu kenegaraan, dan diperkenankan untuk duduk di atas pesawat. Bagian pesawat yang diperuntukkan untuk pejabat kebegaraan, tempat duduknya terasa lebih empuk dan nyaman, bila dibandingkan dengan kursi yang diperuntukkan bagi anggota pasukan pengawal presiden. Pada pesawat ini, juga dihiasi oleh sebuah patung Presiden ke 3 Indonesia, yaitu Bapak B.J Habibie

Kawasan yang ke dua adalah kawasan edukasi. Kawasan ini juga merupakan kawasan wisata edukasi bagi anak. Hal ini dapat dilihat dari dekorasi, dan paduan warna yang menghiasi museum ini. Pada kawasan ini, para wisatawan dapat menemukan sejarah tentang semua transportasi yang dipamerkan. Dalam kawasan ini juga diterangkan tentang perkembangan semua bentuk transportasi, baik transportasi darat, laut maupun udara. Untuk dapat menikmati semua area di kawasan wisata ini para wisatawan akan dikenakan biaya masuk sekitar 60 ribu hingga 80 ribu.

Pada wilayah selanjutnya, para wisatawan akan disuguhkan pada pemandangan masa gangster Amerika. Kawasan ini dinamakan Gangster Town & Broadway Street. Uniknya, kawasan ini akan membawa para wisatawan, seeprti hidup dalam masa tersebut. Di sini juga dapat dinikmati mobil-mobil yang dipakai artis Broad Way Amerika. Kawasan selanjutnya adalah area Eropa. Pada kawasan ini dibuat sepertinya para wisatawan berada di kawasan Negara Eropa pada waktu malam, dilengkapi oleh mobil-mobil buatan asli Eropa.