Internasional

Wamenlu RI Temui Menlu Korut Bahas Situasi Semenanjung Korea

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, A.M. Fachir dilaporkan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut), Ri Yong Ho. Keduanya bertemu di sela-sela pertemuan pertemuan tingkat Menteri Gerakan Non-Blok (GNB) di Azerbaijan.

Kementerian Luar Negeri Indonesia, mengutip dari Twitter resmi, dalam pertemuan itu Fachir dan Ri membahas berbagai isu bilateral dan juga kawasan, termasuk di dalamnya mengenai situasi di Semenanjung Korea.

“Menlu Korut jelaskan kemajuan proses dialog antar-Korea dan meminta dukungan Indonesia,” kata Kemlu RI, seperti dikutip Sindonews pada Minggu (8/4/2018).

“Wamenlu Fachir sampaikan pandangan positif terhadap kemajuan di Semenanjung Korea sekaligus harapan agar proses dialog di antara kedua Korea dapat berjalan baik,” sambung Fachir.

Wamenlu RI Temui Menlu Korut Bahas Situasi Semenanjung Korea

Pertemuan Korut dan Korea Selatan (Korsel) dilaporkan akan dilakukan pada akhir April ini. Pertemuan itu dijadwalkan akan dilakukan dalam format pertemuan tingkat tinggi, di mana Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un akan menghadiri pertemuan itu.

Sementara itu, pertemuan itu sendiri rencananya akan digelar di sebuah desa di dekat perbatasan kedua negara, atau yang dikenal dengan nama Zona Demiliterasi. Jika terlaksana, maka pertemuan ini akan menjadi pertemuan pertama pemimpin kedua negara dalam kurun waktu satu dekade terakhir.