Olahraga

Rossi Khawatirkan Kondisi COTA Yang Bergelombang

Valentino Rossi ketar-ketir melakoni seri ketiga MotoGP 2018 karena kondisi lintasan Circuit of the Americas (COTA). Beruntung sesi latihan di hari pertama, Rossi dan Maverick Vinales dari tim Yamaha berhasil melakukannya dengan mulus.

Tetapi Rossi mencemaskan bump (trek gelombang) pada permukaan trek. Kondisi tersebut sangat dirasakan ketika melaju di lintasan lurus.

“Pertama-tama, saya menyukai treknya. Baik untuk dikendarai, sangat sulit, memiliki tikungan yang emosional. Menurut saya itu bagus. Tetapi kondisi bergelombang (di permukaan trek) kritis. Ini bencana. Bagi saya, ini merupakan kondisi terburuk sepanjang musim,” ungkap Rossi dikutip Motorsport, Sabtu (21/4/2018).

“Anda memiliki tiga atau empat trek bergelombang yang sangatlah besar. Dengan motor kami, itu sulit, karena banyak bergelombang di lintasan lurus, motor banyak bergerak pada kecepatan lebih dari 300km/jam dan itu situasi yang kritis. Gripnya juga tidak fantastis, tapi sepertinya, seiring berjalannya sesi akan meningkat. Saya lebih menghawatirkan permukaan trek yang tidak rata.”

Rossi Khawatirkan Kondisi COTA Yang Bergelombang

Sementara itu, pihak penyelenggara sendiri sebenarnya sudah melakukan pembenahan. Tetapi  menurut Rossi hal tersebut tidak membantu. “Tahun lalu kami meminta beberapa perbaikan. Mereka melakukan sesuatu, tapi itu tidak bekerja. Kondisi trek bergelombang di permukaan lintasan (masih) kritis,” imbuh Rossi.

“Tikungan 2, sangat buruk. Dan Tikungan 10, bergelombang besar. Di back straight, saat motor memasuki gigi kelima atau keenam, motor banyak bergerak lantaran besarnya trek bergelombang. Ada banyak trek gelombang juga di titik pengereman. Trek bergelombang yang terbesar mungkin adalah di Tikungan 18, sebelum dua tikungan kiri terakhir.”