Wisata

Pesona Tiga Gunung Di Lembata NTT Yang Unik

Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang memukau. Salah satu yang menarik perhatian adalah Lembata. Tidak hanya terkenal dengan keindahan bawah laut dan perburuan ikan paus saja, Lembata ternyata mempunyai pemandangan alam yang unik.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, menyebut Lembata mempunyai tiga gunung unik yang sayang untuk dilewatkan. Ditemui dalam Konferensi Pers Festival Tiga Gunung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Eliaser mengatakan, tiga gunung tersebut yakni, Gunung Ile Batutara, Gunung Ile Lewotolok, dan Gunung Ile Werung.

“Lembata memiliki wisata gunung unik, salah satunya Gunung Ile Batutara yang dinobatkan sebagai gunung unik kedua secara nasional,” kata Eliaser, Senin, 7 Mei 2018.

Eliaser melanjutkan, keunikan gunung ini mengalami letusan setiap 20 menit sekali. Para wisatawan yang datang bisa menikmati semburan lava itu dari jarak sekitar 50 meter. Dengan posisinya yang berada di tengah laut Flores, pemandangan gunung ini semakin indah, terutama ketika senja atau malam hari.

Gunung Ile Batutara yang dinobatkan sebagai gunung unik kedua secara nasional

Di sisi lain, keunikan dari Gunung Ile Lewotolok adalah adanya kawah besar di puncak menyerupai kaldera yang berbentuk bulan sabit yang disebut Metong Lamataro. Ukurannya pun menyerupai sebuah lapangan sepak bola yang luas dan berpasir putih dan bisa digunakan untuk bermain.

“Itu luasnya 2 kali lapangan sepak bola, dan itu aman untuk digunakan. Artinya kita ciptakan sesuatu yang atraktif dengan kondisi yang menantang,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lembata, Apilonaris Mayan.

Tidak hanya itu, di lereng gunung ini juga terdapat objek wisata budaya berupa rumah adat, sampai kegiatan seremonial unik wisata.

Gunung Ile Lewotolok adalah adanya kawah besar di puncak menyerupai kaldera yang berbentuk bulan sabit

Terakhir adalah Gunung Ile Werung. Gunung ini menjadi salah satu gunung dengan panorama alam yang eksotis, terdapat sarang burung walet, dan gua atau terowongan dari dalam gunung yang menembus hingga pantai.

Tidak hanya itu saja, gunung ini, kata Apolonaris, juga menjadi spot Instagramable, di mana seseorang akan tampak seolah-olah menuangkan cola atau air mineral ke dalam gunung tersebut.

Gunung Ile Werung menjadi salah satu gunung dengan panorama alam yang eksotis

“Dari ketinggian kita bisa lihat bisa semacam menuang air ke gunung. Nanti wisatawan menaiki bukit Aduwajo terlebih dahulu lalu dari atas bukit kita bisa foto,” kata Apolonaris.