Kesehatan

Ternyata Akupunktur Bisa Bikin Rileks, Tapi Tidak Terbukti Bikin Cepat Hamil

Akupunktur merupakan salah satu terapi alternatif yang digemari masyarakat Asia. Mempunyai banyak manfaat, akupunktur bahkan diklaim mampu mempercepat datangnya kehamilan bagi wanita.

Tetapi penelitian yang dilakukan oleh Caroline A. Smith, dari Western Sydney University membantah klaim tersebut. Berdasarkan kajian ilmiah, tidak ada bukti akupunktur mampu mempercepat datangnya kehamilan bagi wanita.

“Meski begitu, akupunktur membuat wanita lebih rileks, tidak stres, dan membuat mereka lebih percaya diri,” ungkap Smith, dikutip dari NY Times.

Ternyata Akupunktur Bisa Bikin Rileks, Tapi Tidak Terbukti Bikin Cepat Hamil

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal JAMA melibatkan 824 partisipan wanita. Setengahnya mendapatkan terapi akupunktur, dan sisanya tidak mendapatkan terapi apapun.

Hasilnya, 105 orang berhasil hamil dari kelompok yang melakukan akupunktur. Sementara itu, 88 orang dari kelompok kontrol juga berhasil hamil tanpa bantuan apapun. Peneliti menganggap perbedaan hasilnya tidak signifikan, dan akupunktur tidak memberi manfaat nyata.

Meski begitu, perasaan rileks dan percaya diri yang didapatkan wanita setelah melakukan akupunktur diklaim memberikan manfaat bagi wanita yang ingin hamil dengan program bayi tabung.

“Wanita mungkin resah dan cemas ketika ingin melakukan bayi tabung. Akupunktur membuat wanita rileks, sehingga peluang keberhasilan lebih besar,” tandas Smith.