Kesehatan

Ternyata Banyak Tertawa Bikin Sel Imun Lebih Kuat

Banyak tertawa tidak hanya membuat pikiran lebih positif dan mood lebih baik. Studi dari Jepang mengungkap banyak tertawa juga bikin sel imun lebih kuat.

Penelitian dilakukan oleh Osaka International Cancer Institute kepada 70 pasien kanker. Para partisipan diminta untuk mengikuti pertunjukan komedi rakugo dan manzai, dua pertunjukan komedi tradisional Jepang.

Ditemukan bahwa pada kelompok yang menonton pertunjukan komedi minimal seminggu sekali, sel imun mereka ditemukan lebih efektif membunuh sel kanker.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa komedi yang membuat seseorang tertawa bisa mengurangi rasa nyeri dan bermanfaat untuk sel imun, terutama pada pasien kanker,” ujar peneliti Nariaki Matsuura dari Osaka International Cancer Institute, dikutip dari Japan Times.

Ternyata Banyak Tertawa Bikin Sel Imun Lebih Kuat

Penelitian ini menyebut sel imun yang menyerang sel kanker menjadi lebih efektif ketika seseorang banyak tertawa. Hal ini berhubungan dengan bertambahnya produksi interleukin 12B, protein yang bertugas mencegah penyebaran kanker.

Tidak hanya itu, partisipan juga merasa nyerinya berkurang, dan tidak lagi mudah merasa cemas, sedih, depresi, dan marah. Ke depannya, Nariaki mengatakan komedi bisa jadi salah satu bentuk terapi kanker.

“Memang butuh waktu lama sampai hasil penelitian ini dijadikan bagian dari penanganan kanker, tetapi kita bisa berharap,” ujarnya.