Kesehatan

Nasi Ternyata Ada Banyak Jenisnya, Kenali Kadar Nutrisinya

Sebagai orang Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok sehari-hari. Meskipun ada banyak pengganti karbohidrat lain yang dapat dikonsumsi, seperti gandum atau sagu, tetapi nasi tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Katanya sih kalau belum makan nasi, rasanya seperti belum makan.

Kalau memang Kamu adalah salah satu pecinta nasi garis keras, kira-kira Kamu tahu enggak kalau ternyata nasi juga terdiri dari banyak jenis? Bukan cuma nasi dari beras putih saja, lho. Bahkan setiap jenis nasi atau beras tersebut memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh. Lantas, apa sajakah jenis nasi atau beras tersebut;

  1. Nasi putih

Jenis nasi yang satu ini sudah menjadi “primadona” dari semua jenis nasi. Nasi putih adalah jenis nasi yang paling mudah diolah dan dipadukan dengan beragam jenis makanan. Selain itu, nasi putih juga merupakan jenis yang mudah dicerna. Konsumsi nasi putih dapat memberikan manfaat untuk membantu mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare, disentri, radang usus besar, dan bahkan mual di pagi hari yang dialami ibu hamil.

2.  Nasi merah

Nasi Ternyata Ada Banyak Jenisnya, Kenali Kadar Nutrisinya

Sesuai namanya, nasi ini berasal dari jenis beras yang memang berwarna merah. Akhir-akhir ini kepopuleran beras merah nampaknya cukup mengalahkan ketenaran nasi putih. Terlebih bagi Kamu yang sangat menjunjung tinggi kesehatan dan kebugaran. Nasi merah dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh terutama untuk menjaga jumlah zat besi yang normal, mengontrol gula darah serta kadar insulin dalam tubuh. Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan vitamin B6 yang memiliki peran penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah, serta membantu dalam produksi sel DNA.

3.  Nasi cokelat

Hah? Ini lagi ngomongin nasi atau cokelat sih sebenarnya? Eits, jangan bingung dulu karena memang kita sedang membicarakan jenis nasi yang berwarna cokelat kok. Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya, beras cokelat memang terlihat mirip dengan beras merah sehingga beberapa orang kerap merasa kesulitan ketika membedakannya. Mungkin Kamu masih terlalu asing dengan jenis nasi yang satu ini. Tapi kalau Kamu sudah mencobanya, dijamin akan merasakan banyak manfaat. Selain rendah pati dan kalori, nasi cokelat juga mengandung serat yang cukup tinggi. Manfaat lainnya adalah dapat membantu mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Bahkan jika rutin mengonsumsi nasi cokelat, Kamu dapat menurunkan risiko obesitas, sindrom metabolik, dan juga diabetes.

4.  Nasi hitam

Jangan lihat warna dan penampakannya. Meskipun memiliki warna yang hitam, namun nasi jenis ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Nasi hitam memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis nasi yang lain. Nasi hitam juga memiliki manfaat yang baik bagi penderita alzheimer dan diabetes.

5.  Nasi ketan

Nasi Ternyata Ada Banyak Jenisnya, Kenali Kadar Nutrisinya

Mungkin nasi ketan bukanlah jenis nasi yang umum dikonsumsi sehari-hari. Namun bukan berarti nasi ini tidak memiliki manfaat yang berarti bagi tubuh. Justru dengan mengonsumsi nasi ketan, Kamu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menyehatkan fungsi otak. Hal ini karena nasi ketan mengandung zinc yang cukup tinggi.

6.  Beras basmati

Beras yang berasal dari India ini memang terbilang masih belum sepopuler kelima beras sebelumnya. Namun beras basmati ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Bayangkan saja, satu cangkir berasa basmati memiliki kandungan serat 20 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan beras lainnya. Dengan mengonsumsi beras basmati, akan membantu memperlancar sistem pencernaanmu. Selain itu, beras jenis ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

7.  Beras jasmine

Tidak hanya memiliki nama yang indah, beras jenis ini juga memiliki aroma yang lebih harum seperti pandan dan menggugah selera. Bahkan warnanya yang sangat putih dibanding beras putih membuatnya sangat cocok dengan namanya yaitu jasmine. Meskipun saat ini beras jasmine masih memiliki harga yang terbilang lebih “pricy” dibanding beras lainnya, namun manfaat yang ditawarkan beras jasmine juga tidak tanggung-tanggung. Beras jasmine memiliki kandungan asam amino yang dapat mengurangi rasa sakit otot dalam tubuhmu.

Itulah beberapa jenis nasi atau beras yang mungkin belum Kamu ketahui. Lalu, setelah mengetahui manfaat dari masing-masing jenisnya, apakah Kamu berniat untuk mencoba jenis nasi atau beras yang lain selain nasi putih?