Politik

Partai Gerindra, PKS Dan PAN Sepakat Usung Prabowo Sebagai Capres 2019

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono menuturkan bahwa tiga partai koalisi yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sudah sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres yang akan bertarung pada Pilpres 2019 mendatang.

Dengan demikian, koalisi antara Gerindra-PKS-PAN resmi terbentuk. Kesepakatan itu juga sekaligus mengakhiri kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan diusung PKS sebagai capres.

Tetapi Prabowo hingga kini belum mengumumkan cawapres yang diusung pada pilpres 2019.

“Kesepakatan untuk mengusung Prabowo terjalin saat beberapa tokoh tersebut bertemu di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Sabtu (14/7/2018). Dia turut hadir dalam pertemuan bersama Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, “kata Sugiono.

Sugiono menjelaskan, bahwa pertemuan antara Prabowo, Sohibul (Ketum PKS), Zulkifli (Ketum PAN ) dan Amien Rais dilakukan sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian mereka sempat pula makan siang bersama Prabowo di rumah Kartanegara. Adapun pertemuan tersebut dilakukan secara tertutup.

Partai Gerindra, PKS Dan PAN Sepakat Usung Prabowo Sebagai Capres 2019

Sugiono mengaku pertemuan para pimpinan parpol itu tidak berlangsung lama. Tetapi Gerindra, PAN dan PKS sudah sepakat bersama-sama mengusung Prabowo kembali sebagai capres pada pilpres 2019.

“Yang disepakati adalah bahwa kita semua memandang persoalan bangsa ini sangat serius dan memerlukan solusi-solusi yang tepat. Untuk itu ke depannya kita masih dalam semangat persatuan yang sama untuk mengusung Pak Prabowo pada Pilpres 2019,” kata Sugiono.

Sementara itu terkait dengan cawapres Prabowo, “ketiga pimpinan parpol akan membahasnya di pertemuan selanjutnya. Sehingga, cawapres Prabowo masih berpeluang dari internal partai atau dari luar partai, “pungkas Sugiono.