Kesehatan

Ternyata Melon Bisa Menurunkan Risiko Hipertensi, Lho!

Ternyata Melon Bisa Menurunkan Risiko Hipertensi, Lho!

Paling enak menikmati buah melon di hari yang panas dan terik. Sensasi sejuk serta aroma wangi yang dihadirkan oleh buah ini, selalu menggiurkan. Ternyata, melon memang kaya akan sejumlah khasiat super yang bermanfaat untuk kesehatan.

Buah yang konon berasal dari Persia ini, tidak hanya kaya akan kandungan air sehingga baik untuk menangkal dehidrasi, melainkan juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Bertepatan dengan Melon’s Day yang diperingati setiap 9 Agustus, simak yuk informasi selengkapnya! Siapa tahu Kamu jadi terinspirasi untuk  semakin rajin mengonsumsi melon!

Fakta Unik tentang Melon

Beragam fakta sejarah menunjukkan bahwa melon merupakan salah satu buah tertua. Buah yang sudah dibudidayakan oleh bangsa Mesir sejak 2.400 SM ini, kini dikenal di penjuru dunia sebagai kudapan sehat yang nikmat, khususnya pada musim panas. Rasa melon yang sedikit manis dan berair menjadikannya hidangan pencuci mulut yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa.

Ternyata Melon Bisa Menurunkan Risiko Hipertensi, Lho!

Dalam semangkuk melon, Kamu bisa mendapatkan kalori 53 gram, tanpa lemak dan kolesterol sama sekali. Kalori berasal dari  karbohidrat, protein, dan serat. Melon kaya vitamin, mulai dari vitamin A, berbagai vitamin B, dan vitamin C. Kandungan mineral pada melon juga sangat lengkap mulai dari kalium, kalsum hingga magnesium. Meskipun melon berwarna hijau, ia mengandung beta karotenoid sekitar 3 mikrogram.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), melon bahkan memiliki lebih banyak beta karoten daripada wortel, aprikot, jeruk, persik, buah nektarin, dan mangga. Berkat sejumlah nutrisi, vitamin, dan mineral ini, melon tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu, melainkan juga dapat melindungimu dari degenerasi makula terkait faktor usia serta menangkal radikal bebas.

Mengapa Melon Baik untuk Mengontrol Tekanan Darah?

Penderita hipertensi wajib mengelola pola makan agar tekanan darah dapat dipertahankan dalam kisaran normal dan terhindar dari risiko komplikasi seperti stroke. Melon, adalah salah satu sumber nutrisi alami terbaik yang bisa ditambahkan dalam menu diet harian penderita hipertensi.

Kombinasi kandungan air yang tinggi dan potasium yang berlimpah, membuat melon sangat bisa diandalkan untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut American Heart Association, potasium dapat menjaga agar sel dan cairan dalam tubuh penderita hipertensi tetap seimbang.

Ternyata Melon Bisa Menurunkan Risiko Hipertensi, Lho!

Sementara kandungan air dalam melon dapat menyehatkan jantung. Kok bisa? Ya, karena kandungan air ini menghindarkanmu dari dehidrasi. Keuntungannya, saat Kamu terhidrasi, jantung tidak perlu bekerja keras memompa darah. Hidrasi yang baik, juga memperlancar sistem pencernaan dan kesehatan ginjal.

Serat dan elektrolit pada melon ikut berkontrbusi pada kinerja saraf dan kontraksi otot agar bekerja dengan optimal. Seluruh kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam melon ini, juga memiliki manfaat tambahan yaitu meningkatkan produksi kolagen pada jaringan kulit.

Jadi, mumpung cuacanya sedang musim panas, yuk kita perbanyak konsumsi melon! Dua hingga empat porsi buah dalam sehari adalah rekomendasi ahli gizi. Kamu bisa mencampurkan irisan melon dengan varian buah lain untuk dijadikan salad buah yang lezat. Biasakan untuk mengonsumsi melon paling lama tiga hari setelah tanggal pembelian ya, agar kualitas nutrisi yang Kamu dapatkan tetap maksimal. Selamat menikmati!