NasionalPolitik

Pidato ‘Indonesia Punah’ Prabowo Bikin Jengkel Petahana

Pidato 'Indonesia Punah' Prabowo Bikin Jengkel Petahana

Dalam acara deklarasi dukungan alumni beberapa Universitas Negeri di Indonesia, Joko Widodo menyindir pidato Prabowo mengenai ‘Indonesia Punah’. Prabowo mengatakan hal tersebut dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Senin, 17 Desember 2018.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 Priyo Budi Santoso menyesalkan sikap Jokowi yang sindir frasa ‘Indonesia Punah’ saat deklarasi alumni Universitas Negeri di Indonesia. Menurutnya, Jokowi kini sering marah saat mengomentari pernyataan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

“Saya agak terkejut saja Pak Jokowi keluar dari style-nya beliau. Akhir-akhir ini beliau marah dan jengkel, mengomentari balik terhadap ide-ide besar yang dilakukan dan dipidatokan oleh Pak Prabowo,” kata Priyo di Jalan TB Simatupang, Minggu (13/1/2019).

Sekjen Partai Berkarya ini menilai, Jokowi salah dalam memahami pidato Prabowo. Karena jika paham, Jokowi pasti tidak akan jengkel terhadap pidato Prabowo tentang Indonesia punah.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso
Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso

Dikatakan Priyo, tokoh nasional seperti Bung Hatta pernah mengatakan Indonesia akan tenggelam di dasar lautan jika menjadi embel-embel negara lain. Pidato Prabowo juga memiliki makna yang sama dengan hal itu. Menurut Priyo, sebuah kehormatan ketika pidato Prabowo mendapat respons dari Jokowi.

“Tapi sayangnya beliau jengkel dan marah, itu yang kami agak sesalkan. Tetapi kami tetap menghormati reaksi balik dari Pak Jokowi,” tutur Priyo.

Sebelumnya, pada acara deklarasi dukungan alumni beberapa Universitas Negeri ini Jokowi juga menyinggung soal pernyataan yang menyebutkan bahwa Indonesia bisa bubar dan punah. Pernyataan yang pernah diungkapkan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

“Jangan sampai ada yang mengatakan Indonesia bubar, enggak ada. Jangan sampai ada yang bilang Indonesia punah, enggak ada. Saya kadang jengkel dan marah untuk hal seperti itu,” ujar Jokowi.

Ternyata Pidato ‘Indonesia Punah’ Prabowo membuat jengkel Petahana. Padahal, Bung Hatta juga pernah mengatakan Indonesia akan tenggelam di dasar lautan jika menjadi embel-embel negara lain. Ungkapan tersebut memang harus benar-benar dipahami agar Indonesia bisa mandiri dan tidak bergantung pada negara lain.