NasionalPolitik

Sikap Santun Dan Humoris Prabowo-Sandi, Mampu Sedot Perhatian Swing Voters 

Sikap Santun Dan Humoris Prabowo-Sandi, Mampu Sedot Perhatian Swing Voters 

Usai debat perdana Pilpres 2019 banyak menyisakan berbagai komentar, baik itu kritikan ataupun masukan. Ketua DPP Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengaku, pihaknya banyak menerima masukan dari pemilih pemula dan swing voters yang akan melabuhkan pilihannya kepada sosok pemimpin yang santun dan tidak menyerang pribadi tertentu, Prabowo Subianto.

Sebab itu, dia yakin sikap santun dan humoris Prabowo-Sandi yang ditunjukkan dalam debat pertama mampu menyedot perhatian pemilih pemula.

“Memang kami sering banyak masukan kalau swing voters nggak suka melihat konfrontasi. Sudah, adem ayem saja,” ujar Rahayu dalam acara Koalisi Berbicara ‘Cuma Janji atau Indonesia Menang’ di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Diakui Rahayu, Prabowo-Sandi banyak menunjukkan kejutan dalam debat capres perdana lalu. Salah satunya sikap santun dan humoris yang ditunjukkan paslon nomor urut 02 tersebut.

Ketua DPP Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo
Ketua DPP Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

Anggota Komisi VIII DPR RI ini menambahkan, Prabowo sebagai mantan Komandan Jenderal Kopassus, identik dengan kesan tegas, galak dan menakutkan. Tetapi, kesan-kesan tersebut hilang di momen debat perdana capres antara Prabowo-Sandi dengan Jokowi-Amin.

“Bukan karena swing voters Pak Prabowo tidak berkonfrontasi. Memang karakter beliau itu susah sekali untuk menyerang orang lain. Terhadap musuh yang sudah ditangkap sekalipun, Pak Prabowo akan marah bila musuh itu diganggu anak buahnya,” ucap Rahayu.

Namun demikian, Prabowo-Sandi akan tetap menyampaikan kritik membangun kepada kinerja capres petahana Joko Widodo dalam debat capres sesi selanjutnya.

“Dalam hal ini mungkin kita harus mencari cara komunikasi pada saat debat kedepannya, bagaimana untuk tetap menyampaikan kritikan tanpa menuduh,” jelas keponakan Prabowo Subianto itu.

Prabowo Berjoget

Sebelumnya, saat membahas mengenai mantan narapidana korupsi jadi calon legislatif, Prabowo terlihat berjoget di tengah debat memanas antara capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dengan Sandiaga.

Sikap Santun Dan Humoris Prabowo-Sandi, Mampu Sedot Perhatian Swing Voters 
Sikap Santun Dan Humoris Prabowo-Sandi, Mampu Sedot Perhatian Swing Voters 

Jokowi melontarkan pertanyaan ada mantan narapidana yang jadi Caleg Gerindra. “Bagaimana pandangan bapak, soal banyak mantan napi koruptor yang kembali nyaleg dari partai yang bapak pimpin, karena data ICW menyebut demikian,” kata Jokowi.

“Mana datanya belom saya terima kok, kalau memang ada laporkan saja,” kata Prabowo menanggapi pertanyaan tersebut.

Jokowi yang mempunyai kesempatan kembali untuk menanggapi, kembali menegaskan pertanyaan tersebut.

“Lho bukan Pak, maksud saya para mantan napi koruptor yang nyaleg la…,” kata Jokowi terputus

“Bentar pak,” potong Prabowo.

“Eh belum boleh nanggepin ya?” tanya Prabowo lagi disambut seru massa penonton.

Prabowo lantas melakukan joget. Keduanya tangannya menari sambil melihat Jokowi.

Sandiaga spontan memijat pundak mantan Danjen Kopassus itu sambil tersenyum begitu melihat Prabowo berjoget. Sontak kejadian tersebut membuat suasana debat yang awalnya tegang menjadi cair. Tentu saja hal itu membuat tamu undangan yang ada di dalam ruangan itu tertawa melihat kejadian tersebut.