NasionalPolitik

Tak Dampingi Prabowo, Sandiaga Nobar Bersama Warga Cibinong

Tak Dampingi Prabowo, Sandiaga Nobar Bersama Warga Cibinong (pojoknasional.com)Tak Dampingi Prabowo, Sandiaga Nobar Bersama Warga Cibinong

Pada debat kedua pilpres 2019, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak didampingi cawapres, Sandiaga Uno. Debat kedua yang digelar Minggu (17/2) di Hotel Sultan, Senayan, dengan tema mengenai energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Acara tersebut dimulai pukul 20.00 WIB.

Calon wakil presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno tidak mendampingi capres Prabowo dikarenakan bergabung dengan warga Kecamatan Cibinong, Bogor untuk menyaksikan debat kedua pilpres 2019.  Sandiaga hadir tepat pukul 20.15 WIB atau tepat saat calon presiden nomor urut 1, Petahana menyampaikan visi dan misinya.

“Kita sambut Sandiaga Uno!” kata pembawa acara di lapangan Kelurahan Nangewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (17/2).

Dengan mengenakan kemeja biru, tentu saja penampilan Sandiaga mencuri perhatian warga yang menghadiri nonton bareng atau nobar tersebut. Mereka seolah tidak mengacuhkan pidato singkat dari Petahana.

Tak Dampingi Prabowo, Sandiaga Nobar Bersama Warga Cibinong (pojoknasional.com)
Tak Dampingi Prabowo, Sandiaga Nobar Bersama Warga Cibinong

Sebelumnya saat calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan visi dan misi, warga cukup kompak ‘mengamini’ hal-hal yang disampaikan Prabowo. Nobar diadakan di sebuah lapangan terbuka juga terdapat rumpun bambu cukup besar. Di hadapan warga, terpasang layar tancap cukup besar dan bantuan pencahayaan tambahan.

Dalam pidatonya, Ketua Umum Partai Gerindra ini sempat menyinggung capaian Jokowi. Tetapi, ia meyakinkan hadirin bahwa dirinya nanti akan membawa perubahan lebih cepat.

“Strategi (kami) lebih cepet buat bawa kemakmuran di Indonesia,” ujar Prabowo disambut sorak dan tepuk tangan warga.

Adapun dalam debat kedua pilpres 2019 ini terbagi dalam enam segmen. Di segmen pertama, kedua capres mengambil undian pertanyaan untuk pendalaman visi dan misi. Kemudian juga akan ada debat eksploratif yang merujuk pada video.

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto saat debat kedua pilpres 2019 (pojoknasional.com)
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto saat debat kedua pilpres 2019

Segmen kedua, para capres memberikan pendalaman visi misi di bidang infrastruktur, energi dan pangan. Di segmen ketiga, para capres melakukan pendalaman soal visi misi di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Kemudian segmen empat, KPU akan memutarkan video sesuai tema debat. Nantinya selama 16 menit kedua capres akan beradu gagasan dan diberikan kesempatan untuk menanggapi video dan juga menanggapi pernyataan lawan soal video tersebut.

Pada segmen kelima, capres diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan saling menanggapi. Pertanyaan seputar tema debat, infrastruktur, energi dan pangan, serta Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. Pada segmen terakhir, masing-masing capres akan memberikan pernyataan tertutup.