NasionalPolitik

Soal Polemik WNA Punya e-KTP, Prabowo Minta Segera Ditertibkan

Soal Polemik WNA Punya e-KTP, Prabowo Minta Harus Segera Ditertibkan (pojoknasional.com)Soal Polemik WNA Punya e-KTP, Prabowo Minta Harus Segera Ditertibkan

Prabowo Subianto, Calon Presiden nomor urut 02 meminta pemerintah untuk segera menertibkan polemik nama Warga Negara Asing (WNA) yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019. Pernyataan Prabowo terkait beredarnya foto yang menunjukan WNA asal China memiliki e-KTP dan terdaftar sebagai warga Cianjur dan menjadi pemilih di Pemilu tanggal 17 April mendatang.

Meski Prabowo tidak terlalu banyak memberikan komentar mengenai masalah tersebut. Tetapi, Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini meminta pemerintah untuk segera menyelesaikannya.

“Ini segera, harus ditertibkan, ya, segera harus ditertibkan kalau tidak ya, gimana?,” ujar Mantan Danjen Kopassus itu di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Sebelumnya, beredar luas di media sosial, sebuah foto yang menunjukkan e-KTP dengan identitas warga asing. Dalam e-KTP tersebut tertulis sebuah data yang menunjukkan kepemilikan e-KTP milik seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China.

Soal Polemik WNA Punya e-KTP, Prabowo Minta Harus Segera Ditertibkan (pojoknasional.com)
Soal Polemik WNA Punya e-KTP, Prabowo Minta Harus Segera Ditertibkan

Kemudian, dalam foto E-KTP tersebut dibuat untuk penduduk Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 3203012503770011. Tidak ada yang berbeda dengan E-KTP yang dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) pada umumnya.

Tetapi, sedikit perbedaan terlihat dari penulisan data yang menggunakan bahasa asing. Seperti dalam kolom agama disebutkan Christian dan status perkawinan pun tertulis Married.

Lebih lanjut, nama tersebut justru tercantum dalam DPT Cianjur. Namun, setelah ditelusuri ternyata NIK milik WNA tersebut tertukar dengan milik warga Cianjur bernama Bahar dalam DPT Pemilu 2019. Menurut informasi, terjadi salah input data oleh petugas.