NasionalPolitik

Terkait Ledakan Penduduk, Prabowo: Pemerintah Belum Mampu Tangani Masalah Sektor Pangan

Terkait Ledakan Penduduk, Prabowo: Pemerintah Belum Mampu Tangani Masalah Sektor Pangan (pojoknasional.com)Terkait Ledakan Penduduk, Prabowo: Pemerintah Belum Mampu Tangani Masalah Sektor Pangan

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menjelaskan pemahamannya terkait permasalahan yang dihadapi Indonesia. Hal itu dijelaskan seusai mendapatkan dukungan dari warga Muhammadiyah yang tergabung dalam ‘Aliansi Pencerah Indonesia’.

Ada tiga sektor menurut Prabowo yang seharusnya menjadi fokus pemerintah dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakatnya, yakni energi, air dan pangan. Pernyataan tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutannya dalam deklarasi yang dilakukan Aliansi Pencerah Indonesia (API) di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (3/3/2019).

Mantan Danjen Kopassus itu pun menyebut setiap tahunnya angka kelahiran bayi di Indonesia bisa mencapai hingga 4 juta jiwa. Sehingga angka warga yang harus menjadi perhatian pemerintah juga kian bertambah lantaran terjadi ledakan penduduk.

“Berarti kelahiran tiap tahun bisa terjadi 4 juta lebih (bahkan) 4,5 juta lebih, mulut (warga) baru harus kita santuni, harus kita siapkan, tiap tahun,” tutur Prabowo.

Terkait Ledakan Penduduk, Prabowo: Pemerintah Belum Mampu Tangani Masalah Sektor Pangan (pojoknasional.com)
Terkait Ledakan Penduduk, Prabowo: Pemerintah Belum Mampu Tangani Masalah Sektor Pangan

Kemudian, Prabowo menambahkan bahwa jika diakumulasikan selama lima tahun, maka ada tambahan sekitar 20 juta jiwa yang harus diperhatikan dalam pemenuhan kebutuhannya. Tidak hanya kebutuhan pangan, tetapi juga pendidikan dan kesehatan.

“Dalam lima tahun, berarti 20 juta warga negara Indonesia baru (lahir), 20 juta orang butuh tambahan makanan, butuh sekolah, butuh rumah sakit,” ujar Prabowo.

Namun demikian, pada masa pemerintahan saat ini, Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini menilai pemerintah belum mampu menyelesaikan permasalahan pada sektor-sektor tersebut. Dan sudah seharusnya pemerintah memikirkan permasalahan menyangkut ledakan penduduk tersebut.