NasionalPolitik

Prabowo Presiden, Bank Haji Bakal Dibentuk

Prabowo Presiden, Bank Haji Bakal Dibentuk (pojoknasional.com)Prabowo Presiden, Bank Haji Bakal Dibentuk

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berencana akan membentuk Bank Haji. Tujuannya agar pengelolaan dana haji dari masyarakat Indonesia bisa dilakukan secara transparan dan efisien.

Hal tesebut disampaikan Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu dalam acara debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

”Salah satu potensi ekonomi yang besar adalah keuangan yang berasal dari tabungan pada calon jamaah haji. Kami ingin bentuk Bank Haji, ” tutur Prabowo dalam debat kelima Pilpres 2019.

Diharapkan, dengan terbentuknya Bank Haji tidak ada lagi kecurigaan dari para calon jamaah haji seperti telah terjadi sebelumnya. Melalui pengelolaan yang transparan, efisien, dan syari, kata Prabowo, dana tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat.

”Dana itu bisa benar-benar bermanfaat untuk umat dan tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain. Ini salah satu upaya kami,” ujar Prabowo.

Prabowo Presiden, Bank Haji Bakal Dibentuk (pojoknasional.com)
Prabowo Presiden, Bank Haji Bakal Dibentuk

Sementara itu, calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengatakan, diperlukan eksosistem yang baik agar pengelolaan keuangan syariah dapat terwujud. Selain itu, dirinya bersama Prabowo juga ingin agar Indonesia memiliki bank syariah terbesar di Asean.

Dikatakan Sandiaga, pihaknya siap menjadikan Jakarta sebagai pusat keuangan syariah yang dikenal oleh dunia jika terpilih dalam Pilpres 2019. Ia merasa terenyuh, negara seperti Malaysia atau di Kuala Lumpur, bahkan di Inggris tepatnya di London, ada bank Syariah terbesar.

“Saya terenyuh, kenapa pusat keuangan Syariah itu tidak di Jakarta, tapi ada di Kuala Lumpur, Hongkong, bahkan di London. Bersama Prabowo-Sandiaga kami yakin akan menciptakan peluang menjadikan Jakarta sebagai pusatnya,” kata Sandiaga.

Pada debat kelima Pilpres 2019 kali ini, mempertemukan kembali kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Adapun tema dalam debat kelima yakni membahas mengenai ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri.