NasionalPolitik

Seribu Personel Gabungan Siap Amankan Deklarasi Kemenangan Prabowo Di TMII  

Seribu Personel Gabungan Siap Amankan Deklarasi Kemenangan Prabowo Di TMII (pojoknasional.com)Seribu Personel Gabungan Siap Amankan Deklarasi Kemenangan Prabowo Di TMII  

Pihak kepolisian telah menyiapkan pengamanan terkait acara deklarasi kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno oleh relawan di Gedung Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2019). Acara tersebut akan berlangsung pada pukul 12.00 WIB hingga selesai.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan mengerahkan sekitar seribu personel gabungan guna mengamankan acara tersebut.

“Kita kerahkan 1000 personel gabungan,” kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (24/4/2019).

Terkait pengalihan arus di sekitar lokasi acara, Argo menyebut sifatnya situasional. Artinya, melihat situasi di lapangan saat acara berlangsung, apakah akan diberlakukan sistem buka tutup atau tidak.

“Ya sifatnya situasional, itu nanti anggota di lapangan yang melihat,” lanjutnya.

Kapolsek Makasar, Kompol Lindang Lumban (pojoknasional.com)
Kapolsek Makasar, Kompol Lindang Lumban

Sementara itu, Kapolsek Makasar, Kompol Lindang Lumban mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pengamanan untuk lokasi dan tempat di sekitar acara.

“Nanti kita kita amankan situasi saja, amankan lokasi pengaturan lalu lintas. Biar nanti yang mau masuk ke dalam lancar,” kata Lindang saat dikonfirmasi, Rabu (24/4/2019).

Lindang menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan 1 satuan setingkat peleton (SSP) yaitu 30 personel ditambah bantuan dari Polres Metro Jakarta Timur.

“Paling sekitar satu SPP, jumlahnya 30 personel,” jelasnya.

Kemudian, terkait lalu lintas di sekitar, pihaknya tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas. Mengingat acara dilakukan di tempat tertutup, sehingga diprediksi tidak mengakibatkan kemacetan di sekitar lokasi acara.

“Gak ada rekayasa lalu lintas, itu kan acara di dalam saja. Karena acara di dalam paling pengaturan lalu lintas aja. Karena kan tertutup, pengaturan sekitarnya aja,” pungkas Lindang.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto telah mengumumkan kemenangan di  rumahnya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pengumuman tersebut tak lama usai perhitungan quick count pada Rabu (17/4/2019).