NasionalPolitik

Di Batam, BPN Prabowo Buka Posko Pengaduan Terpadu Pilpres 2019

Di Batam, BPN Prabowo Buka Posko Pengaduan Terpadu Pilpres 2019 (pojoknasional.com)Di Batam, BPN Prabowo Buka Posko Pengaduan Terpadu Pilpres 2019

Posko Pengaduan Terpadu Pilpres 2019 dibuka Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga di kota Batam. Turut hadir dalam peresmian posko tersebut yaitu pengurus dan relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Kota Batam.

Ketua BPN Prabowo-Sandiaga Kota Batam, Iman Sutiawan bersama Direktorat Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, Yupen Hadi meresmikan langsung posko yang terletak di Kantor DPC Gerindra Batam, Ruko Anggrek Sari, Batam Centre ini pada Jumat (26/4/2019) sore.

Dikatakan Yupen, bahwa keberadaan posko pengaduan terpadu ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya tindak kecurangan di Kepri yang dinilainya cukup rawan kecurangan, termasuk Batam. Selain itu, juga untuk melengkapi keberadaan posko pengaduan yang sudah ada di lebih dari 50 persen kota di Indonesia.

“Banyaknya laporan kecurangan di seluruh Indonesia dan harus diakomodir oleh BPN, jadi dibuatlah posko pengaduan ini agar masyarakat tau kemana harus melapor. Terhitung hari ini, posko pengaduan ini sudah ada di lebih dari 50 persen kota di Indonesia,” katanya.

Ketua BPN Prabowo-Sandiaga Kota Batam, Iman Sutiawan (pojoknasional.com)
Ketua BPN Prabowo-Sandiaga Kota Batam, Iman Sutiawan

Menurut Yupen, setiap masyarakat atau relawan tidak usah takut untuk melapor jika melihat kecurangan, BPN juga telah menyiapkan kuasa hukum dari dari tim capres nomor urut 02 sebagai pendamping.

“Tapi laporan yang disampaikan harus benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Baik itu berupa bukti video maupun foto,” ujarnya.

Sementara itu, Iman Sutiawan menuturkan posko ini wujud kongkrit melaporkan berbagai indikasi kecurangan, sebelum dan sesudah proses Pemilihan. “Baik itu temuan dari relawan, kader dan juga masyarakat bukan lagi sekedar penyampaian lisan,” tuturnya.

Iman mengatakan, dengan adanya posko pengaduan ini, setiap indikasi kecurangan dapat dipertanggungjawabkan. Dia berjanji pihaknya akan melindungi saksi jika kabar yang disampaikan benar.

Kemudian, Plt Posko Pengaduan Terpadu Kepri Musrin juga menambahkan, untuk membuat laporan terkait adanya temuan kecurangan, relawan bisa menghubungi nomor call centre di 085835728792.

“Konsepnya sederhana cukup menyampaikan kejadiannya di mana, buktinya apa, siapa saksinya, kemudian datang ke posko dan mengisi formulir yang sudah disiapkan,” kata Musrin.

Namun demikian, meski posko ini berada di Kota Batam, tetapi cakupannya meliputi seluruh wilayah Provinsi Kepri.