NasionalPolitik

Rekap Hasil Suara Selesai, Prabowo Unggul Telak Di Banda Aceh

Rekap Hasil Suara Selesai, Prabowo Unggul Telak Di Banda Aceh (pojoknasional.com)Rekap Hasil Suara Selesai, Prabowo Unggul Telak Di Banda Aceh

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh telah menyelesaikan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Serentak 2019. Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul telak atas paslon kubu petahana yaitu, pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat 15.103 suara atau 12,40 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi meraih 106.872 suara atau 87,60 persen.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, Indra Milwady kepada wartawan saat ditemui di kantor KIP Banda Aceh, Senin (29/4/2019).

“Untuk calon presiden nomor urut 01 itu mendapat 15.103 suara dan calon presiden nomor urut 02 yaitu 106.872 suara,” ujar Indra Milwady.

Adapun, proses rekapitulasi suara tersebut dilakukan sejak Sabtu (27/4/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Kemudian, sekitar pukul 05.00 WIB, rekapitulasi suara sudah diselesaikan KIP Banda Aceh pada Minggu (28/4/2019).

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, Indra Milwady (pojoknasional.com)
Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, Indra Milwady

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh merekap suara dari sembilan kecamatan dengan total tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 592 TPS. Proses rekapitulasi pun berjalan lancar.

Namun demikian, Indra tidak memerinci perolehan suara kedua pasangan calon presiden di tiap kecamatan. Menurut Indra, suara tidak sah untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden mencapai ribuan. “Suara tidak sah yaitu 1.872 suara,” kata Indra.

Sementara itu, untuk pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, ada empat partai yang memperoleh suara terbanyak, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

“Itu baru hasil rekap perhitungan suara. Nanti kalau tidak ada gugatan di MK atau setelah selesai gugatan, baru kita lakukan pleno untuk penetapan perolehan kursi,” tutur Indra.

Indra juga menjelaskan, Partai Demokrat dan PAN diperkirakan memperoleh kursi di lima dapil di Banda Aceh. Sementara PKS memperoleh kursi dari empat dapil. “Namun, di dapil Jaya Baru, PKS bisa mendapatkan dua kursi,” jelasnya.

Kemudian, hasil rekap penghitungan suara ini akan dibawa ke pleno di KIP Aceh. Rencananya, KIP Aceh akan menggelar proses rekapitulasi dan pleno mulai 7 Mei mendatang setelah semua kabupaten/kota selesai menggelar rekapitulasi.