NasionalPolitik

Serius Pembentukan Pansus Pemilu, Gerindra Kumpulkan Tanda Tangan Di DPR

Serius Pembentukan Pansus Pemilu, Gerindra Kumpulkan Tanda Tangan Di DPR (pojoknasional.com)Serius Pembentukan Pansus Pemilu, Gerindra Kumpulkan Tanda Tangan Di DPR

Fraksi Partai Gerindra DPR RI menyatakan keseriusannya untuk menggulirkan hak angket Pansus Pemilu. Karena, mereka menilai terdapat banyak masalah dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, mulai dari indikasi kecurangan hingga ratusan petugas KPPS yang meninggal dunia atau sakit akibat kelelahan.

Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan akan terus mendorong terbentuknya pansus Pemilu. Menurutnya, pemilu serentak 2019 kali ini banyak masalah, terlebih ratusan petugas penyelenggara meninggal dunia.

“Ini kan pemilu banyak masalah, bukan cuma masalah yang meninggal udah 500-an, ini kan masalah yang harus kita sikapi secara bijak,” ujar Riza saat dihubungi, Kamis (9/5).

Dikatakan Riza, perlu ada evaluasi serius dan keprihatinan mendalam pada Pemilu saat ini. Menurut dia, meninggalnya petugas KPPS tidak bisa sekadar diartikan kelelahan. “Enggak bisa kita bilang ini karena beban kerja yang berat, capek, sekadar begitu kita evaluasi, enggak cukup,” tutur Riza Patria kepada wartawan, Kamis (9/5).

Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria (pojoknasional.com)
Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria

Riza juga tidak ingin untuk pemilu ke depan, masalah serupa terulang kembali. Menurutnya, dibuatnya pansus pemilu adalah bentuk kesungguhan pihaknya memperbaiki pagelaran pesta demokrasi.

“Belum permasalahan yang lainnya. Kenapa urusan logistik masih banyak yang terlambat, ada pemilu lanjutan, susulan, ulang. Kenapa banyak yang tercoblos duluan seperti kasus di Malaysia,” kata Riza.

“Itu kan nggak boleh dianggap enteng. Itu masalah-masalah itu harus kita dalami. Gitu lho. Kenapa situngnya ada masalah, sistemnya. Kenapa ada banyak salah entri,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menyebut bahwa fraksi Partai Gerindra sudah tanda tangan usulan pansus. Pihaknya sedang menunggu persetujuan seluruh fraksi partai lain.

“Iya kita kan udah tanda tangan. Ini lagi ngumpulin tanda tangan. Nggak lama lagi selesai. Kan baru kemarin,” ungkapnya.

Diketahui, Pansus Pemilu pertama kali disampaikan oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam sidang paripurna Rabu (8/5). Tetapi, usulan tersebut ditolak Partai NasDem yang juga interupsi.