Internasional

Jatuhnya Pesawat Pribadi Di Texas Sebabkan 10 Orang Tewas

Jatuhnya Pesawat Pribadi Di Texas Sebabkan 10 Orang Tewas (pojoknasional.com)Jatuhnya Pesawat Pribadi Di Texas Sebabkan 10 Orang Tewas (pojoknasional.com)

Addison, Texas – Sepuluh orang tewas pada hari Mingu (30/6/19), ketika satu pesawat pribadi berpendorong turbo anjlok di satu hanggar selama lepas landas dan terbakar di bandar udara kota praja di Addison, Texas, di luar Dallas.

Pesawat bermesin dua Beechcraft BE-350 King Air tersebut hancur terbakar saat kecelakaan tersebut, Darci Neuzil selaku Wakil Direktur Bandar Udara Addison mengatakan, sarana penerbangan umum yang berada sekitar 17 kilometer di sebelah utara pusat Kota Dallas.

Wanita pejabat bandar udara tersebut menyatakan bahwa pesawat tersebut sebelumnya direncanakan terbang ke Florida ketika lepas landas sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Tidak seorang pun di darat dilaporkan cedera, ucap Darci Neuzil.

Jatuhnya Pesawat Pribadi Di Texas Sebabkan 10 Orang Tewas (pojoknasional.com)
Jatuhnya Pesawat Pribadi Di Texas Sebabkan 10 Orang Tewas (pojoknasional.com)

Pesawat bermesin dua Beechcraft BE-350 King Air tersebut baru saja naik dari landasan pacu di ujung selatan bandar udara saat pesawat tersebut miring ke kiri, sayap kirinya turun serta menghantam hanggar, yang diungkapkan edisi daring Dallas Morning Post, yang mengutip Juru Bicara Departemen Pemadam Addison Edward Martelle.

“Ini merupakan hari yang menyedihkan buat Dallas County,” papar Hakim setempat, Clay Jenkins, kepada Dallas Morning News, yang melaporkan pesawat tersebut dalam penerbangan ke St, Petersburg, Florida.” Doa saya untuk keluarga yang kami beritahukan mengenai tragedi ini,” sambungnya.

Tak ada informasi resmi terkait penyebab kecelakaan tersebut. CBS News, dengan mengutip sejumlah sumber, memberitahukan bahwa pesawat tersebut kehilangan satu mesin ketika hendak lepas-landas.

Rekaman video terkait akibat kecelakaan tersebut memperlihatkan api berkobar serta asap tebal hitam melambung ke udara dari hanggar tersebut, yang menurut media setempat tidak ada orang di sana ketika kecelakaan. Gambar yang diunggah melalui media di daring juga memperlihatkan lubang besar di sisi bangunan.

Neuzil kepada Reuters juga mengatakan, bahwa Para penyelidik dari US National Transportation Safety Board direncanakan akan tiba di lokasi pada sore hari.

“Belum ada perincian lebih lanjut mengenai kondisi kecelakaan,”  ujar Neuzil kepada Reuters.

pojoknasional.com